KKI 2019, SMK Kesehatan Donohudan Kunjungi RSI. Sultan Agung Semarang


Semarang, 3 September 2019, SMK Kesehatan Donohudan Boyolali mengadakan kegiatan kunjungan ke RSI Sultan Agung Semarang dalam rangka menerapkan metode “Experiential Learning”, untuk memberikan pengalaman secara langsung untuk merasakan dunia kerja di rumah sakit.
Sebanyak 89 peserta dari jurusan Farmasi, Keperawatan, dan Laboratorium mengikuti kegiatan ini dan disambut hangat oleh Direktur Utama RSI Sultan Agung, dr. H. Masyhudi AM, M.Kes di Hall Direksi bersama seluruh jajaran Direksi dan Manajemen. Dalam sambutannya, dokter Masyhudi menyampaikan secara singkat profil dan sejarah singkat RSI Sultan Agung Semarang. Tidak hanya itu, para siswa dan siswi juga dikenalkan kepada budaya kerja di rumah sakit yang telah mendapatkan sertifikat syariah ini.
“Rumah Sakit Islam Sultan Agung merupakan Rumah Sakit Syariah, artinya setiap kegiatan di dalam rumah sakit ini berdasarkan kepada prinsip syariah. Pun demikian dalam bekerja, kita niatkan sebagai bentuk ibadah kita kepada Allah SWT” jelasnya.
Dokter Masyhudi juga menyampaikan beberapa hal terkait pelayanan yang dimiliki oleh RSI Sultan Agung, diantaranya adalah Eye Center, LASIK Center, Cardiac Center, dan layanan unggulan lainnya.
Selama 2 jam berikutnya para siswa dan siswi disuguhkan beberapa materi seputar rumah sakit meliputi kegiatan kefarmasian di RSI Sultan Agung, kemudian materi tentang keperawatan, serta laboratorium. Para siswa siswi sangat antusias dengan memberikan beberapa pertanyaan selama sesi tanya jawab. Selesai tanya jawab, para siswa siswi SMK Kesehatan Donohudan Boyolali dibagi menjadi beberapa kelompok dan diajak untuk secara langsung melihat beberapa unit pelayanan di RSI Sultan Agung sebagai bentuk “Hospital Touring”.
Selama Touring, tim pembimbing dari RSI Sultan Agung menjelaskan beberapa hal terkait pelayanan seperti alur pasien, alur obat, alur pemeriksaan laboratorium, hingga melihat langsung ruang perawatan Ruang Firdaus yang terletak di lantai 8 gedung Multi Center of Excellent (MCE). Terakhir sebelum berpisah para siswa siswi menyempatkan untuk mengabadikan foto bersama di Hall Direksi RSI Sultan Agung Semarang. (sumber: www.rsisultanagung.co.id)


SMK Kesehatan Donohudan melakukan Kunjungan Kerja Industri (KKI) 2019 ke RSI. Sultan Agung Semarang. Kegiatan KKI sendiri bertujuan untuk memberikan pengalaman dan pengenalan kepada siswa-siswi SMK Kesehatan Donohudan tentang ruang lingkup kerja rumah sakit meliputi Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelayanan dan penanganan Pasien serta Peralatan-peralatan yang digunakan. 
KKI diawali dengan kegiatan pembukaan, dilanjutkan pemaparan materi kepada masing masing-jurusan dimana SMK Kesehatan Donohudan memiliki 3 Jurusan antaralain Analis Kesehatan (Teknik Laboratorium Medik), Farmasi, dan Keperawatan. kemudian dilanjutkan dengan pengenalan lingkungan, Ruangan dan peralatan Rumah sakit.
Powered by Blogger.